Melihat Sejarah Rupiah dan Nilai Tukar Rupiah

Bicara tentang nilai ganti rupiah, bermakna kita juga berbica tentang rupiah. Lantas, apakah itu rupiah? Ya, kita semua paham kalau rupiah atau kita seringkali meringkasnya dengan Rp yaitu nama mata uang yang dipunyai Indonesia yang berkaitan tentang pengeluaran, percetakan hingga penyusunannya dipegang oleh Bank Indonesia.

Bila mengacu pada histori, kata rupiah sendiri sesungguhnya datang dari kata ‘rupee’, nama mata uang asal India. Bila ada yang ajukan pertanyaan tentang kapan persisnya rupiah mulai dikenalkan, jadi jawabannya yaitu pada saat pendudukan Jepang waktu berlangsung Perang Dunia ke-2. Saat itu, rupiah sudah di kenal namun dengan nama rupiah Hindia Belanda. Pada saat terlebih dulu, Indonesia belum juga memakai Rupiah, namun masih tetap menggunkan Gulden Belanda. Itu berlangsung pada 1610 hingga 1817.

Singkat narasi, sesudah empat th. Indonesia merdeka, 2 November 1949, Indonesia mulai mengambil keputusan rupiah jadi mata uang yang dipunyai semuanya bangsa Indonesia. Jauh sebelumnya pecah perang ke-2, selesai perang reda, Bank Jawa yaitu cikal akan Bank Indonesia, yang telah memperkenalkan mata uang rupiah Jawa. Serta pada tanggal 8 April 1947, rupiah URIPS-Uang dikelurkan oleh Gubernur Propinsi Sumatera.

Rupiah juga nyatanya mempunyai yang namanya unit rupiah dalam penghitungan di bawahnya. Pada semula sejarahnya, rupiah lalu disamakan dengan nilai tukarnya dengan Gulden Hindia Belanda. Terdapat banyak beberapa unit yang pada eranya sempat digunakan. Tapi bersamaan perubahan saat serta karna penurunan nilai rupah yang jatuh, beberapa unit itu tak akan dipakai serta tak akan bernilai perlu sekali lagi.

Kita lalu mengetahui rupian sen. Nilai ganti rupiah ini yaitu seperseratus rupiah. Ada pula Cepeng atau Hepeng. Nilai ganti rupiah ini yaitu seperempat sen. Untuk nilai ganti rupiah 1/2 sen, kita mengenalnya dengan Rupiah Peser. Nama Rupiah Pincang yaitu nilai ganti rupiah satu 1/2 sen. Sesaat untuk Rupiah Gobang atau Benggol, nilai ganti rupiahnya yaitu dua 1/2 sen.

Untuk nilai ganti rupiah Ketip yaitu lima sen. Nah, orang Serang-Banten umum mengatakan Picis untuk nilai ganti rupiah sepuluh sen. Rupiah Tali yaitu nilai ganti rupiah pecahan untuk seperempat rupiah atau 25 sen.

Nah, tersebut sekelumit pikiran mengenai atau tentang nilai ganti rupiah bersama histori rupiah sendiri. Mudah-mudahan artikel dapat bisa jadikan Anda lebih memahami atau sekurang-kurangnya dapat memikirkan mengenai peran nilai ganti rupiah jadi mata uang kita dihadapan mata uang asing. Dari sini lalu dapat disimpulan kalau nilai ganti rupiah jadi perlu di ketahui.

sumber: kursdollar.id